4 Resep Nasi Tim Untuk MPASI

Nasi Tim bukan hanya enak untuk dimakan bagi orang dewasa, karena kandunga gizi yang seimbang Nasi Tim juga banyak dijadikan Makanan Pendamping ASI atau MPASI.  Seperti diketahui seiring bertambahnya usia bayi, saluran cernanya makin matang sehingga kemampuan mencernanya makin baik. Pada bayi dengan usia lebih dari 6 bulan, gigi sudah mulai tumbuh sehingga dapat belajar mengunyah. Ini adalah saat tepat bagi Bunda untuk lebih memberikan variasi menu MPASI untuk buah hati. 

NASI TIM
Nasi Tim Gurame
Tekstur nasi tim yang lebih padat dari bubur dinilai cukup aman untuk pencernaan bayi usia di atas 7 bulan. Tekstur nasi tim mampu membantu merangsang kemampuan mengunyah buah hati.

Seperti kita ketahui memasuki bulan kesembilan, bayi sudah belajar untuk makan makanan yang padat, makanan yang paling mudah untuk membiasakan bayi makan makanan padat adalah Nasi Tim.

Kenapa nasi tim, karena nasi tim punya kandungan gizi yang seimbang bila diolah dengann berbagai macam cara dan campuran sayuran dan daging-dagingan.

Satu hal yang harus diperhatikan saat membuat nasi tim yang dijadikan MP ASI adalah jangan sampai membuatnya terlalu padat, karena beresiko membuat bayi tersedak.

Nah bagi ibu yang ingin membuatkan bayinya MP ASI berupa Nasi Tim, berikut ini kami berikan 4 resep nasi tim yang enak dan juga bergizi yang bisa digunakan sebagai makanan pendamping ASI.

1. Nasi Tim Gurame
Bahan-bahan:
4 sdm beras, cuci bersih
400 ml air
40 gram ikan gurami fillet, cincang
1 buah wortel, potong dadu kecil
1 sdm irisan daun seledri

Cara membuat:
Rebus beras dengan air hingga mendidih. Tambahkan ikan gurami cincang, tomat, daun seledri, dan bawang putih cincang. Masak sambil diaduk-aduk hingga air terserap. Angkat.
Tuang nasi ke dalam panci tim. Masak selama 30 menit atau hingga tekstur beras lunak dan semua bahan matang. Angkat, lalu tuang ke dalam tempat saji. Hidangkan. 

2. Nasi Tim Brokoli Patin
Bahan-bahan:
4 sdm beras, cuci bersih
400 ml air
30 gram brokoli, cuci, potong kecil-kecil
40 gram fillet ikan PATIN, cincang
1 sdm bawang bombai cincang

Cara membuat:
Masak beras, bawang bombai, dan daging patin cincang dengan air hingga airnya terserap. Tambahkan brokoli, masak sebentar. Angkat.
Tuang nasi ke dalam panci tim. Tim selama 30 menit atau hingga tekstur nasi lunak dan semua bahan matang. Angkat dan hidangkan.

3. Nasi Tim Beras Merah Daging Sapi
Bahan-bahan:
4 sdm beras merah, cuci bersih
400 ml air
25 gram daging sapi cincang
40 gram brokoli, potong kecil-kecil
½ sdt bawang putih cincang
1 sdt irisan daun bawang

Cara membuat:
Masak beras merah dan air hingga beras lunak. Tambahkan daging sapi cincang, brokoli, daun bawang, dan bawang putih. Masak hingga semua bahan matang dan air terserap. Angkat.
Masukkan nasi ke dalam panci tim. Masak selama 30 menit atau hingga tekstur beras benar-benar lunak. Angkat dan hidangkan.

4. Nasi Tim Ayam Wortel
Bahan-bahan:
100 gram beras
25 gram kacang merah
25 gram daging ayam
25 gram wortel
1 sendok makan margarin

Cara Membuat:
Cuci beras dan rendam sekitar 10 menit. Masak hingga menjadi setengah nasi atau aron. Kemudian Cincang kacang merah tipis-tipis. Bersihkan kulit wortel, lalu segera parut. Setelah itu Giling daging ayam hingga halus.

Campur nasi aron dengan daging ayam giling, kacang merah, wortel, dan margarin dalam satu mangkok. Aduk rata semua bahan. Bahan nasi tim yang telah tercampur siap untuk dikukus. Kukus selama 15-20  menit dengan api kecil. Nasi tim siap disantap.

Nah itulah 4 resep Nasi Tim yang bisa digunakan sebagai MP ASI bagi buah hati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan selamat mencoba.
Blogger
Disqus

No comments