Ini Dia yang Menyebabkan Nilai Saham Naik Turun

Investasi Saham

Tertarik untuk berinvestasi saham? Saat ini investasi dalam bentuk saham memang sedang naik daun. Banyak yang sangat tertarik untuk menginvestasikan dana mereka dalam bentuk saham di perusahaan tertentu karena memang banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih investasi dalam bentuk saham.

Investasi saham disebut sebagai jenis investasi yang memiliki return paling tinggi dibandingkan bentuk investasi lainnya. Namun memang benar bahwa harga saham tidak akan selalu tinggi atau selalu rendah. Harga saham seringkali naik turun karena beberapa faktor. Kali ini kita akan mencari tahu apa saja faktor yang bisa berpengaruh pada naik dan turunnya nilai saham di sebuah perusahaan.

Faktor Naik Turunnya Saham

Ini dia beberapa faktor yang bisa menyebabkan harga saham di sebuah perusahaan naik dan turun :

1.    Kebijakan Perusahaan
Kebijakan yang telah diputuskan oleh jajaran manajemen di sebuah perusahaan bisa mempengaruhi harga saham. Salah satu contoh jenis kebijakan perusahaan yang bisa mengubah harga saham adalah keputusan perusahaan untuk melakukan akuisisi dengan perusahaan lainnya.

2.    Prediksi Performa Perusahaan
Bagaimana kira-kira performa perusahaan di masa yang akan datang akan berpengaruh pada fluktuasi harga saham di sebuah perusahaan. Oleh karena itu penting sekali bagi anda untuk mengenali profil perusahaan sebaik mungkin dan melakukan analisis yang mendalam seputar perusahaan yang bersangkutan.

3.    Fluktuasi Nilai Mata Uang Asing
Fluktuasi nilai mata uang asing jelas sekali akan mempengaruhi harga saham di sebuah perusahaan. Seperti kita ketahui bahwa nilai mata uang asing sering menguat dan bisa melemah dalam waktu singkat. Kondisi ini dapat mempengaruhi harga saham terutama untuk perusahaan dengan beban utang dalam mata uang asing.

4.    Pengaruh Pemerintah
Pemerintah memiliki peran dalam fluktuasi harga saham di sebuah perusahaan. Selain karena kebijakan pemerintah itu sendiri, kondisi perekonomian negara juga akan memberikan pengaruh pada harga saham.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa sangat mempengaruhi harga saham perusahaan. Karena harga saham memiliki kemungkinan besar untuk naik dan turun maka penting sekali bagi anda untuk berhati-hati memilih perusahaan. Salah satu contohnya, anda bisa melakukan investasi saham Mayora untuk memulai pengalaman berinvestasi anda dan mendapat keuntungan yang maksimal.
Blogger
Disqus

No comments