Cara Tepat Memilih Alat Kontrasepsi

Alat Kontrasepsi Paling Aman
Merencanakan kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi merupakan salah satu cara untuk membuat iklim di dalam keluarga menjadi sehat, ideal dan sejahtera. Dengan menggunakan kontrasepsi mampu menekan kehamilan dan menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Pemilihan alat kontrasepsi paling aman adalah salah satu kunci supaya tidak ada masalah dalam penggunaannya. Sekarang banyak alat kontrasepsi yang disediakan baik untuk digunakan pada pasangan istri maupun pria dengan jenis dan fungsi yang berbeda-beda.
Berikut merupakan alat kontrasepsi yang populer digunakan.
1.    Pil KB
Salah satu manfaat dengan menggunakan kontrasepsi adalah untuk kesehatan. Untuk wanita yang memiliki masalah haid yang tidak teratur dengan menggunakan pil KB adalah salah satu solusinya yang berguna untuk melancarkan siklus haid. Penggunaan pil KB akan menjadi maksimal jika meminumnya secara teratur sesuai jam yang sama saat pertama kali meminumnya setiap hari. Kelebihan tersebut juga tentunya memiliki kekurangannya yaitu tidak disarankan untuk perempuan yang sudah berusia di atas 35 tahun atau pada seorang wanita perokok aktif. 
2.    Kondom
Alat kontrasepsi jenis ini merupakan salah satu alat kontrasepsi yang biasa digunakan oleh laki-laki. Namun, sekarang ini ada kondom yang diperuntukkan bagi perempuan. Dengan menggunakan kondom tentunya tidak memiliki efek samping bagi tubuh karena digunakan pada area luar. Namun, menggunakan kontrasepsi jenis ini kurang maksimal jika stok yang ada sudah habis. Jadi, jika pasangan suami istri memilih kontrasepsi jenis ini, pastikan stok tersedia di rumah ya. 

3.    Pil kontrasepsi darurat
Pil jenis ini merupakan salah satu alat kontrasepsi yang digunakan pada kondisi darurat dan bisa digunakan secara aman dan efektif. Digunakan setelah melakukan hubungan badan walaupun pada masa subur dan tidak menggunakan perlindungan alat yang lain. 

Itulah beberapa alat kontrasepsi yang sering digunakan. Konsultasikan kepada dokter dan selalu berkomunikasi dengan pasangan untuk mendapatkan kenyamanan dan keharmonisan dalam keluarga. tentunya semua orang menginginkan alat kontrasepsi paling aman digunakan sebagai salah satu langkah menunda kehamilan yang bisa diandalkan.
Blogger
Disqus

No comments