Fakta Unik Uang Rupiah Yang Jarang Diketahui

Fakta Unik
   
Baru-baru ini, negara kita baru saja mengeluarkan uang baru, setelah beberapa kali mengganti uang rupiah. Karna setiap harinya kita tidak lepas dari uang untuk keperluan transaksi jual beli, tidak ada salahnya dong mengenal lebih jauh tentang mata uang Rupiah?

Nah, berikut ini ada 7 fakta unik yang bisa kalian ketahui mengenai Rupiah dan sebagian besar diantaranya mungkin belum pernah kalian ketahui. Well, dengan membaca artikel ini, kamu bisa menambah wawasan dan pengetahuan.
 
1.    Uang Logam Dengan Nominal BesarSiapa yang mengira bahwa dulu, negara Indonesia pernah memproduksi uang logam dengan nominal yang besar. Ya, ini terjadi pada tahun 1995, namun diproduksi dalam jumlah terbatas yaitu hanya 3.000 keping uang logam. Pasti penasaran berapa nilai uang logam ini?
 
Nilainya ternyata Rp 850.000 dan sangat diminati oleh para kolektor uang. Langkanya uang logam ini membuatnya sangat bernilai tinggi, diperkirakan harga jual uang logam bisa mencapai 25-30 juta per kepingnya. Tingginya nilai jual uang logam disebabkan karna terbuat dari emas dengan berat 50 gram/keping. Pada kedua belah sisinya bergambar Burung Garuda dan Presiden Soeharto.
 
2.    Mata Uang Pertama Indonesia Bukan Rupiah?Sesaat setelah kemerdakaan, mata uang Indonesia pada mulanya bukanlah Rupiah melainkan ORI. ORI ini merupakan singkatan dari Oeang Republik Indonesia. Peredaran mata uang ORI hanya berlaku sekitar 4 tahun yaitu pada tahun 1945 hingga 1949. Namun, peresmian mata uang ORI baru dilakukan saat 30 Oktober 1946.
 
3.    Lagu Kebangsaan Dalam Uang
Ada yang pernah melihat uang Rp 50.000 keluaran tahun 1999? pada uang tersebut bergambar salah satu tokoh yang sangat penting yaitu WR. Soepratman. Sepintas, uang tersebut hanya bergambar tokoh, namun setelah diteliti dan dilihat, terdapat teks lagu Indonesia Raya dengan ukuran huruf yang sangat kecil.

Letak teks lagu Indonesia Raya tersebut ternyata ada di atas tulisan Bank Indonesia pada uang kertas. Pencantuman teks lagu ini seakan ingin menunjukkan bahwa lagu kebangsaan tersebut dibuat oleh tokoh yang tertera  pada uang.
 
4.    Ada Emoticon Smile Di Gambar Pahlawan Uang Kertas
Masih punya uang Rp 1.000 yang bergambar pahlawan Kapitan Pattimura? Coba deh ambil dan lihat secara seksama, apakah kamu bisa menemukan emoticon smile pada kancing kedua baju Kapitan Pattimura? Ya, apakah ini disengaja atau tidak, terlihat ada semacam emoticon smile dalam uang kertas tersebut.
 
5.    Rupiah Uang Teraneh
Salah satu website yang sering membahas masalah uang yaitu MoneyChoice.org pernah menyatakan bahwa uang kertas Rp 20.000 yang bergambar tokoh Ki Hajar Dewantara sebagai uang teraneh di dunia. Mengapa demikian? alasannya ternyata cukup unik, yaitu karena tokoh Ki Hajar Dewantara dalam uang kertas tersebut terlihat seperti orang kebingungan. Padahal, di negara kita, tokoh tersebut merupakan tokoh pendidikan yang sangat disegani.

Ingin melihat foto-foto uang kertas yang pernah dikeluarkan Indonesia serta foto unik lainnya? Kamu bisa mengunjungi website Finspi . Akan ada banyak informasi menarik dari berbagai hal yang bisa kamu dapatkan.
Blogger
Disqus

No comments